Monday, August 03, 2009 | Posted in

Dalam kesempatan ini saya akan mencoba menulis tentang bagaimana cara membuat halaman yang terpisah dari halaman utama (home page). Kita ambil contoh buat halaman “About Me”. Untuk membuat halaman about me ini sobat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Login ke halaman administrator. Pada Control Panel klik Add New Article.

Pada halaman editor, Pada item Title beri judul artikel dengan judul ‘About Me’ atau ‘Tentang Saya’.  Untuk item Alias, samakan saja dengan judul dan pada item Section biarkan pada pilihan uncategorised. Tandai tombol radio Yes pada item Published. Kali ini untuk item Front Page, pilih tombol radio No dan untuk item Category biarkan juga pada pilihan uncategorised.

image

Sekarang buatlah tulisan yang menjelaskan tentang identitas sobat atau website sobat pada area yang sudah disediakan. Jika sudah selesai jangan lupa untuk mengklik tombol save image  yang ada di atas sebelah kanan halaman.

Langkah selanjutnya lihat ke menu bar cari dan sorot dengan mouse menu ‘Menus’ kemudian klik item ‘Main Menu’. Pada halaman Menu Item Manager klik icon New image. Saat muncul halaman Menu Item : [ New ], pada bagian Select Menu Item Type klik Articles lalu Article Layout. Lihat gambar di bawah:

select-article-layout

Pada halaman Article Layout coba isi field-fieldnya seperti terlihat pada gambar di bawah:

article-layout

Untuk bagian Title dan Alias bisa sobat isi dengan nama yang sobat inginkan (misalnya diganti menjadi Tentang Saya, dsb). Namun hal yang jangan lupa sobat lakukan adalah memilih artikel dengan mengklik tombol Select pada bagian Select Article yang terdapat pada Parameters (Basic). Kemudian pilihlah artikel ‘About Me’ yang telah sobat buat tadi. Langkah terakhir mengklik tombol Save. Untuk melihat hasilnya klik Preview dan selesailah tugas sobat dalam membuat halaman yang terpisah dari halaman homepage.

Agar lebih Jelas sobat bisa melihat contohnya di sini.

Selamat membuat dan semoga berhasil.



Bookmark and Share
Category:

Comments

0 responses to "Cara membuat halaman terpisah (Separate Page)"