Friday, July 17, 2009 | Posted in

templates Setelah melakukan beberapa pengaturan pada bagian menu Global Configuration, langkah selanjutnya yang mungkin perlu sobat lakukan adalah memilih template. Bagi sobat yang benar-benar pemula di dunia maya, ketika mendengar istilah template mungkin akan merasa bingung. Oleh karena itu, sekilas saya akan memberikan penjelasan tentang arti template. Template adalah tampilan dari website ataupun blog. Template ini layaknya theme pada Windows atau Skin pada Winamp. Template ini merupakan desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya, baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yang sobat lihat tampilan blog ini, terdapat judul blog sebagai header, background warna coklat, halaman postingan dan kolom-kolom di samping kanan, serta semua yang sobat lihat adalah salah satu bentuk dari desain template.

Memilih template dengan tampilan desain yang bagus menurut saya sangatlah perlu, karena dengan template yang menarik untuk dilihat akan membuat para pengunjung dari website kita menjadi betah untuk berlama-lama berada di website kita selain tentunya isi dari website kita juga sangat menunjang. Baiklah saatnya menuju ke topik utama, yaitu langkah-langkah pemilihan template yang tersedia pada Joomla :

  1. Login ke halaman back end (administrator).
  2. Pada menu bar cari dan sorot dengan mouse pada menu Extensions kemudian klik Template Manager.

    template-manager
  3. Pada halaman template manager di bagian tab SIte terdapat tiga template yaitu beez, JA_Purity dan rhuk_milkyway. Secara default template yang terpilih adalah  rhuk_milkyway.
  4. Untuk mengganti ke template yang lain misalnya menjadi beez atau JA_Purity silahkah tandai tombol radionya kemudian lihat ke atas kanan lalu klik Icon Bintang warna Kuning dengan tulisan Default untuk menjadikan template yang sudah ditandai sebagai tampilan Homepage dari website Joomla kita.

    default-template
  5. Untuk melihat hasilnya klik Preview yang terletak di bagian atas sebelah kanan.
  6. Selesai.

Template yang disediakan Joomla sangatlah terbatas. Sehingga jika sobat ingin mengganti website Joomlanya dengan template lainnya perlu ada installasi template kembali dan template-template Joomla lainnya ini untuk saat ini bisa sobat dapatkan dari para developer dan designer Joomla yang menyediakan template Joomla secara bebas/gratis (free template). Namun jika sobat menginginkan template Joomla yang bagus dan profesional bisa didapatkan dengan cara membeli template Joomla yang berbayar atau istilah nya Premium Template. Untuk Premium template ini banyak sekali terdapat di internet, sobat tinggal membelinya.

Saya rasa untuk topik “memilih template Joomla yang tersedia” ini saya rasa dicukupkan sampai di sini. Untuk penjelasan installasi template Joomla dari template bukan bawaan Joomla, saya akan tulis pada kesempatan lainnya.

Terima kasih bagi sobat yang sudah mau membaca tulisan saya ini dan saya ucapkan salam sukses.



Bookmark and Share
Category:

Comments

0 responses to "Memilih Template Joomla 1.5. Yang Tersedia"