Wednesday, September 09, 2009 | Posted in

Saat sobat pertama kali berhasil menginstal Joomla, maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini

menu_home Gambar 1

atau seperti ini gambar di bawah

menu Gambar 2

Gambar 1 di atas  adalah halaman utama (frontpage) Joomla sobat yang tidak mengikutsertakan sample data di saat penginstalasan Joomlanya. Sedangkan untuk gambar 2 adalah halaman utama Joomla sobat yang mengikutsertakan sample data di saat penginstalan.

Di dalam dua gambar di atas terdapat bagian yang saya tandai dengan kotak berwarna merah. Bagian inilah yang disebut menu-menu pada Joomla. Menu ini berguna untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan navigasi pada situs Joomla kita. Menu ini dapat ditambah atau dikurang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pengaturan menu seperti mengedit menu yang sudah ada, menambahkan menu yang belum ada atau mungkin menghilangkan menu yang dianggap kurang penting untuk ditampilkan seperti pada halaman utama Joomla pada gambar 2, untuk menu Resources atau menu Key Concepts nya dapat sobat hilangkan. Semua pengaturan itu dapat sobat lakukan pada halaman administrator (back end).

Untuk lebih jelasnya, saya akan memberikan salah satu contoh pengaturan pada menu item ‘Home’ pada “Main Menu’ sebagai halaman depan situs Joomla.

Terlebih dahulu silahkan login ke halaman administrator situs Joomla sobat. Pada menu bar sorot dengan mouse menu ‘Menus’ kemudian klik ‘Main Menu’. Pada halaman ‘menu item manager’ sudah  terdapat  satu  item, yaitu  home  yang merupakan menu untuk mengakses halaman utama  (frontpage)  situs Joomla sobat. Klik  ‘home’ untuk  melakukan  berbagai  macam  setting  termasuk  merubah  nama  halaman  situs  atau mengatur berapa banyak artikel yang ditampilkan di halaman utama. Lihat gambar !

Main-Menu

Home

 Gambar 3  

Setelah sobat mengklik 'Home’ maka akan tampak halaman seperti gambar di bawah

front-page-blog-layout

 Gambar 4 (Klik gambar di atas untuk melihat ukuran besarnya)

Pada bagian Menu Item Details sobat bisa mengganti nama item Home ini pada Title berikut aliasnya misalnya yang tadinya ‘Home’ menjadi ‘Beranda’ atau biarkan saja seperti asalnya. Untuk ‘Link’ jangan sobat ubah karena itu merupakan alamat dari halaman Frontpage dan pada ‘Published’ pastikan pada pilihan ‘Yes’ agar halaman Frontpage ini muncul. Untuk Access Level biarkan saya pada pilihan ‘Public’ jika frontpage ini diperbolehkan untuk semua pengunjung.

Di bagian Parameter (Basic) ada beberapa hal yang dapat sobat atur diantaranya:

Leading adalah jumlah artikel utama yang akan ditampilkan di halaman utama. Artikel  ini  akan menempati  lebar maksimal  box  informasi  situs. Contoh  artikel utama ini adalah Meraup Dollar Lewat Internet pada gambar 5 di bawah

image 

Gambar 5

Intro adalah  jumlah  artikel  yang  hanya ditampilkan  sekilas  saja, karena kita telah menggunakan fasilitas ‘read more’ untuk melihat artikel yang lebih lengkap. Artikel  ini akan memakan tempat selebar satu kolom.

Columns adalah jumlah kolom untuk menampilkan artikel. Terlihat pada gambar 5 terdapat 2 kolom yaitu kolom artikel ‘Koneksi Internet 3G’ dan kolom artikel ‘Panduan Mudah dan Praktis MS Word 2007’.

Links adalah  jumlah  artikel  yang  hanya  ditampilkan  sebagai  link dan  akan ditempatkan di bagian bawah halaman utama pada situs.


Di bagian Parameter (Advanced) pastikan kolom ‘Show a Feed Link’ tercentang ‘Yes’. Ini  akan memungkinkan  situs  lain untuk menampilkan news  feed di halaman utama situs sobat.

Di bagian Parameter (Component) banyak hal yang bisa sobat konfigurasikan sesuai dengan  kebutuhan  dan  keinginan  sobat,  seperti  menampilkan  judul  artikel, menampilkan tanggal dan waktu artikel dibuat, dan banyak lagi lainnya dan jika sobat sudah mengatur Global Configuration pada biarkan saja pada pilihan ‘Use Global’.

Di bagian Parameter (System) masukkan judul untuk halaman utama di kolom ‘Page Title’. Judul ini akan ada di tab dari browser ketika sobat membuka situsi. Judul ini juga  akan  tampak  di  header  halaman  utama  situs,  yang  sebelumnya  bertuliskan ‘Welcome to the Frontpage’.

 

Nah itulah salah satu contoh pengaturan menu pada Joomla. Untuk menu-menu lainnya nanti kita bahas bersama.



Bookmark and Share
Category:

Comments

3 responses to "Mengenal Menu pada Joomla 1.5"

  1. moh karis On 10 September 2009 at 18:12

    komplit banget nih tutorialnya. saya simpen buat pengetahuan aja za. salam kenal

     
  2. Muhammad On 12 March 2010 at 11:15

    Sob, ane udah bisa masuk ke gambar kedua, tapi ketika masu log in sbg admin ga mau masuk katanya, ga cocok, trus gmn ya??

     
  3. admin On 12 March 2010 at 13:25

    @muhammad: kemungkinan besar sobat salah memasukkan password. coba masukkan username dengan nama "admin" dan isi password dengan password yang sobat buat ketika menginstal joomla.