Friday, August 21, 2009 | Posted in

Seperti janji saya pada artikel ‘cara membuat artikel baru’ bahwa saya akan memberikan panduan tentang cara mengatur parameter-parameter  yang terdapat pada halaman editor Joomla. Nah pada kesempatan ini saya akan memenuhi janji tersebut.

Ketika kita membuat artikel di Joomla maka di sebelah kanan halaman editor terdapat parameter-parameter yang harus diatur. Parameter-parameter yang saya maksudkan adalah Parameters (Article) dan Parameters (Advanced). Selain parameter terdapat juga ‘Metadata Information’ yang perlu kita atur juga.

Di bawah ini saya akan jelaskan fungsi berikut cara mengatur parameter-parameter dan metadata yang telah saya sebutkan di atas.

Silahkan sobat login dulu ke halaman administrator. Jika sudah berada pada halaman administrator, pada Control Panel klik ‘Add New Article’ untuk membuat artikel baru atau klik ‘Article Manager’ untuk membuka artikel yang sudah dibuat.

Jika sobat sudah berada pada halaman editor, lihat ke sebelah kanan maka akan terdapat parameter yang harus diatur.

Parameter Artikel

Berikut penjelasan parameter-parameter ini:

Parameters (Article):

Author: Jika sobat belum mengganti nama User pada User Manager maka secara default Author ini diberi nama ‘Administrator’. Namun Jika sobat telah mengganti nama usernya maka item Author ini akan diisi dengan nama yang sesuai dengan nama pada ‘User Manager’. Maksud dari Author ini adalah nama yang akan ditampilkan pada artikel sebagai nama dari penulis artikel yang dipublish.

Author Alias: Jika sobat mengisi Author Alias maka nama inilah yang akan ditampilkan sebagai penulis artikel. Lihat contoh di bawah ini

Author pada artikel Joomla

Access Level: Maksud dari bagian ini adalah tingkat akses artikel. Jika diatur pada level akses ‘Public’ maka artikel yang dipublish bisa dibaca atau dibuka oleh semua pengunjung. Namun jika level akses artikel ini pada pilihan ‘Registered’ atau ‘Special’ maka artikel tersebut hanya bisa dibaca oleh pengunjung yang telah login terlebih dahulu sebagai tanda bahwa pengunjung tersebut telah terdaftar dan telah diberi hak akses oleh Admin.

Created Date: Bagian ini menunjukkan tanggal pembuatan artikel. 

Start Publishing: Bagian ini berguna untuk mengatur tanggal dan waktu mulai publishing (diposting) artikel.

Finish Publishing: Bagian yang berguna untuk mengatur tanggal dan waktu akhir dari publishing artikel. Jika artikel ingin ditampilkan selamanya, biarkan pada pengaturan ‘Never’

Untuk Parameters (Advanced) tidak akan saya jelaskan kembali karena telah saya tulis pada artikel ‘Pengaturan Parameters Global Configuration’. Oleh karena itu langsung saja beranjak pada pengaturan ‘Metadata Information’.

Metadata Information

image

Description: Isi dengan kalimat-kalimat yang mendeskripsikan artikel.

Keywords: Isi dengan keyword-keyword atau kata kunci  yang ada pada artikel yang memungkinkan di cari orang pada search engine.

Robots: Isi dengan ‘index, follow’ jika sobat ingin agar spider (mesin pengindex pada search engine) membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada. Namun jika sobat menginginkan agar spider tidak meng-index main page berikut link yang ada, maka isi dengan noindex, nofollow.

Author: Isi dengan nama penulis artikel.

Catatan : Untuk bagian Metadata ini akan saya bahas lebih jauh pada artikel berikutnya.

Semoga bermafaat.



Bookmark and Share
Category:

Comments

2 responses to "Mengatur Parameter dan Metadata"

  1. LEK2PN DIKLAT On 9 September 2012 at 14:23

    Mantab infonya

     
  2. Unknown On 1 December 2012 at 05:01

    tambah ilmu, thnx infonya. mau tanya jg, komentar yg bernada spam itu contohnya seperti apa mas?