Friday, July 31, 2009 | Posted in

Bagi mereka yang setiap harinya blogging atau mereka yang mengelola website, link merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi didengar dan bahkan mungkin setiap hari mereka membuat link dalam artikelnya. Apalagi di dunia  blogger ada kebiasan tukaran link dengan maksud saling tukar alamat URL blog mereka. Tapi keadaan ini berbeda bagi sobat yang baru mendengar istilah link atau tautan dalam bahasa indonesianya, ketika sobat yang baru mendengar istilah link ini akan merasa bingung, sebab akan muncul pertanyaan “apa yang dimaksud link dan bagaimana cara membuatnya?”.

Secara sederhana pengertian link adalah kata atau frase kata yang mempunyai tautan terhadap sebuah alamat URL (Uniform Resource Locator) atau lokasi sumber sesuatu baik berupa sebuah blog, website, dokumen, gambar dan sebagainya. Agar lebih jelas silahkan sobat klik kata "tutorial” maka akan menampilkan  sebuah blog. Nah kata “tutorial” ini adalah sebuah kata yang mempunyai link.

Untuk selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat link pada jendela editor Joomla di saat kita membuat artikel yang memiliki link. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Seperti biasa, Login dulu ke halaman administrator (back end) dengan Username dan Password sobat.

Klik Icon Add New Article pada Control Panel untuk membuat artikel baru atau sorot menu Content pada  bar menu kemudian klik Article Manager untuk membuka kembali artikel sobat yang akan dibuatkan link dalam salah satu katanya.

Jika artikel baru sudah beres dibuat atau artikel lama sudah dibuka kembali, silahkan cari kata yang akan dibuatkan link kemudian dengan mouse highlight atau blok kata-kata yang akan dibuatkan link. Lalu klik icon image untuk memasukkan alamat link. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini

membuat-link 

Setelah muncul jendela kecil seperti gambar bawah ini :

image 

isilah Link URL dengan alamat link tujuan. Untuk Target pilih Open link in a same window jika alamat tujuan ingin ditampilkan pada jendela yang sama atau Open link in a new window jika alamat tujuan akan ditampilkan dalam window baru. Pada Title isi dengan kata-kata yang akan ditampilkan jika link tersebut disorot oleh mouse. Untuk Class tidak perlu sobat atur. Kemudian langkah terakhir klik tombol Insert. Cara untuk membuat link telah selesai dan lakukan langkah yang sama jika sobat ingin membuat link pada kata-kata yang lain.

Selamat mencoba.



Bookmark and Share
Category:

Comments

1 Response to "Cara membuat link pada halaman editor Joomla"

  1. Anonymous On 7 December 2009 at 07:55

    Bos, kalo bikin link dari artikel ke artikel lagi gimana? saya bingung ngisi alamat pada link URL nya. Tolong bantu yah.. saya pake joomla 1.5. Please e-mail ke : mbc_on@yahoo.com
    Thanks,
    Rico