Friday, February 27, 2009 | Posted in

Masih ingatkah Anda dengan pengertian CMS? Pada postingan terdahulu secara sepintas saya mengulas tentang pengertian Content Management System yang sering disingkat dengan CMS ini. Selain tentang pengertian, saya juga mengulas sedikit tentang kegunaan CMS ini yaitu membantu kita dalam mengelola suatu website atau blog dengan sangat mudah.  Sesuai janji saya pada postingan terdahulu yang akan memberikan jawaban terhadap pertanyaan seberapa pentingkah kebutuhan kita dalam menggunakan CMS ini. Nah pada postingan kali ini saya akan memaparkan topik bahasan “Mengapa kita butuh CMS? ” sebagai jawaban dari pertanyaan di atas.
Saya teringat pada masa-masa kebelakang ketika saya mencoba ingin membuat suatu website sederhana yang akan saya jadikan sebagai tempat curhatan di kala hati sedang pilu, bosan dan sebagainya. Namun keinginan ini sangat sulit untuk diwujudkan karena terbentur oleh pengetahuan saya yang terbatas terhadap bahasa pemograman seperti HTML, CSS, PHP, JavaScript dan lain sebagainya yang sedikit pun dalamm otak saya ini tidak  ada pengetahuan tentang bahasa pemograman wong saya ini adalah seseorang yang setiap harinya menggeluti bahasa Arab karena ketika itu saya adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di suatu Perguruan Tinggi Agama yang sekarang telah menjadi Universitas. Selain pengetahuan saya yang minim terhadap bahasa pemograman, juga terbentur oleh biaya, sebab untuk membuat website pada saat itu membutuhkan biaya karena masih sedikit webhosting yang gratisan. Lho ko jadi curhat ya Big Grin he…he…

Baik, maksud saya dengan memaparkan pengalaman saya di atas adalah betapa sulitnya untuk membuat suatu website pada waktu ke belakang sebelum adanya CMS ini karena harus tau bahasa pemograman dengan kata lain teknologi dan metode lama untuk membagun halaman web menghabiskan banyak waktu karena harus belajar dulu semua bahasa pemograman yang menurut saya yang bodoh ini sangat sulit untuk dipelajari, tidak efisien dan membutuhkan biaya yang besar. Berbeda dengan adanya CMS, hambatan di atas dapat ditanggulangi walaupun sampai sekarang saya tidak bisa bahasa pemograman. Dengan adanya CMS yang sangat membantu dan memberikan kemudahan maka suatu kewajaran bahkan suatu keharusan kalau menurut saya bahwa kita sangat membutuhkan CMS.
Selain kendala di atas sebagai penyebab kita membutukan CMS, “keinginan kita untuk meningkatkan jumlah informasi dalam website dan kebutuhan untuk menggabungkan sistem menjadi lebih besar dan kompleks ke dalam web publishing” juga menjadi faktor lain bagi kebutuhan kita terhadap penggunaan CMS.
Agar tidak pusing dengan kicauan saya di atas (kaya burung aja ya he…he…), saya akan membuat item list tentang keuntungan CMS, berikut list nya:
  1. CMS dibuat untuk membantu mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis pemograman.
  2. User atau admin website atau blog yang sekarang sangat populer itu memiliki kendali penuh untuk mengelola website atau blog nya.
  3. Dengan CMS admin website atau blog dapat membuat dan mengatur artikel dengan berdasarkan kategori.
  4. Artikel atau informasi yang ditayangkan secara online tetap up to date.
Untuk keuntungan CMS ini mungkin dalam kesempatan ini baru hal-hal di atas yang saya dapat paparkan. Semoga bermanfaat bagi sobat semua.



Bookmark and Share
Category:

Comments

1 Response to "Mengapa kita butuh cms ?"

  1. jemiro On 23 December 2009 at 22:43

    :) wah CMS yam saya pernah pakai jomla, drupal dan WP loh :D lebih praktis :D