Tuesday, July 28, 2009 | Posted in

Akhirnya saya bisa posting kembali tentang Joomla setelah beberapa hari ke belakang saya posting informasi dengan bahasa obama Big Grin. Untuk kali ini saya akan menulis mengenai Page Break.

Sobat tahu Page Break? Menurut saya Page Break adalah membagi atau memisahkan satu artikel (postingan) menjadi beberapa halaman. Agar lebih jelas, sobat bisa melihat contohnya pada artikel “Saya dan Kang Rohman” yang tedapat di panduanjoomla.phpnet.us

Bagaimana sobat setelah melihat contohnya apakah ada pencerahan tentang Page Break? Kalau sobat ingin membuat Page Break pada artikel, ikuti langkah-langkah yang pernah saya lakukan berikut ini:

Seperti biasa Login dulu ke halaman administrator (back end).

Buat artikel baru dengan mengklik Add New Article pada Control Panel. Pada halaman editor buat artikel dan jadikan beberapa paragraph misalnya buat tiga paragraph.

Jika artikel judah selesai dibuat, buat read more setelah paragraph pertama (jika sobat belum bisa membuat read more silahkan baca artikel ini: membuat read more).

Di bawah read more yang bertanda garis horizontal dengan warna merah ini, simpan kursor mouse kemudian lihat ke bagian bawah halaman cari dan klik tombol Page Break. Kalau muncul kotak kecil isi pada Page Title dengan judul halaman dan pada Table of Content Alias isi dengan kata yang akan dimunculkan dalam Index artikel lalu klik tombol Insert Page Break. Lihat gambar di bawah

image

Untuk langkah selanjutnya simpan kembali kursor mouse pada akhir paragraph kedua dan klik kembali tombol Page Break kemudian isi lagi kotak yang muncul seperti yang telah saya jelaskan di atas:

image

Sehingga pada artikel akan terlihat tiga garis hozontal, 1 garis horizontal read more dengan warna merah dan 2 garis hozontal Page Break dengan warna hitam. Lihat gambar di bawah

image 

Langkah terakhir silahkan simpan artikel ini dengan mengklik tombol Save yang terletak di atas pojok kanan. Untuk meilhat hasilnya Klik Preview.

Catatan : Ciri artikel yang menggunakan Page Break ini adalah munculnya Article Index yang berisi link-link di mana link text nya adalah kata-kata yang sobat buat pada Table of Content Alias.

Selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Bookmark and Share
Category:

Comments

3 responses to "Cara membuat Page Break pada Joomla"

  1. Anonymous On 6 November 2009 at 21:54

    kenapa saya ngak bisa ya membuatnya padahal saya telah mengikuti langkah" yang dianjurkan, malah setengah dari teks artikel saya tidak kelihatan jadinya

     
  2. shared for all On 14 November 2009 at 23:35

    bingung,.,.,. :S

     
  3. создание сайта видео скачать софт создания сайта On 29 December 2009 at 17:37

    создание сайтов в нижнем от 400$ создание сайтов web дизайн разработка сайтов веб дизайн создание сайта http://web-miheeff.ru +7 (495) 782-72-56 создание сайтов в нижнем