Friday, June 19, 2009 | Posted in

Beberapa pekan yang lalu ada seorang sobat yang bertanya kepada saya lewat kotak komentar. Berikut pertanyaan yang dilontarkan sobat tersebut

Bagaimana caranya mengarahkan domain co.cc untuk hosting phpnet.us mohon pencerahannya, dan termakaish
BR.sulhadi
Untuk lebih lengkapnya anda bisa lihat pertanyaan ini di postingan saya pada “Cara menghilangkan path hasil installasi Fantastico…”.
Nah, tulisan saya kali ini mudah-mudahan dapat menjadi jawaban terhadap pertanyaan sobat Sulhadi.
Letak permasalahan agar domain co.cc ini bisa diarahkan di phpnet.us ini sebenarnya terletak pada pengaturan name server domain co.cc. Artinya jika sobat ingin domain co.cc nya diarahkan pada hosting phpnet.us maka perlu tahu name server hosting phpnet.us terlebih dahulu. Untuk mengetahui name server hosting phpnet.us sekaligus pengaturan name server domain co.cc bisa sobat ikuti cara-cara yang  saya lakukan berikut ini:
  1. Login ke Cpanel phpnet.us melalui alamat http://cpanel.phpnet.us. Isilah Username dan Passwordnya sesuai dengan yang telah diberikan phpnet.us kepada sobat.
  2. Pada halaman Cpanel pada bar menu  cari dan klik menu Account settings. pada halaman yang muncul cari DNS/ Name Servers. Pada DNS/Name Server ini terlihat nama-nama name server mulai dari ns1.byet.org sampai ns5.byet.org. Nama-nama server ini yang nantinya akan kita masukkan pada pengaturan name server di domain co.cc.
  3. Sekarang login ke co.cc  dengan akun sobat. Pada bar menu klik Domain Settings, alihkan pandangan sobat ke sebelah kiri dan fokuskan untuk mencari tulisan My Domain, pada field Select domain gantikan dengan nama domain sobat dengan mengklik panah dropdownnya dan pilihlah nama domain co.cc sobat.
  4. Klik Name Server yang berada di bawah nama domain sobat. Pada halaman Manage Domain terlihat dua Name Server yang akan kita isi dengan name server phpnet.us. Dikarenakan phpnet.us memiliki 5 name server silahkan tambahkan field name server ini dengan mengklik Add More Name Servers ini sehingga jumlahnya menjadi lima. Pada field Name Server 1, isi dengan ns1.byet.org, sedangkan pada name server 2 isi dengan  ns2.byet.org dan begitu seterusnya sampai Name Server 5.  Setelah semua name server terisi klik tombol Set Up.

    domain-settings
  5. Selesai
Catatan: Pengarahan name server ini tidak akan langsung berjalan namun memerlukan waktu, maksimal dua hari atau 48 jam dari mulai pengaturan.
Semoga apa yang telah saya tulis berguna bagi sobat semua. Salam sukses.



Bookmark and Share
Category:

Comments

8 responses to "Cara mengarahkan domain co.cc untuk hosting phpnet.us"

  1. DEVIL DIVINITY On 22 June 2009 at 20:45

    Kapan ya...saya punya hosting sendiri...hmmm

     
  2. AnJeLaNeT Palangkaraya On 22 June 2009 at 20:59

    Trims Infonya.sangat bermanfaat..

     
  3. Action On 22 June 2009 at 21:18

    wah, keren sob...
    luar biasa...makasih ya...infonya..

     
  4. AnJeLaNeT Palangkaraya On 26 June 2009 at 20:42

    good info & I like this..thanks

     
  5. soulharmony On 27 June 2009 at 18:49

    kunjungan

     
  6. Anonymous On 29 June 2009 at 12:38

    kang kalo pake hosting blog,bisa gak,hehehehe

     
  7. sulhadi On 2 July 2009 at 14:29

    Datag lagi, mengunjungi tips yang keren dan semakin oke, terimakaish atas jawabannya sangat mendukung pemula seperti saya untuk mendaptakan banyak pencerahan, kalo boleh saya mau pasang ling sobat di blog saya,

    BR
    sulhadi

     
  8. sandy On 3 October 2012 at 10:54

    untuk selanjutnnya, apa itu bisa kita akses langsung dalam domain co.cc?