Friday, September 04, 2009 | Posted in

Walaupun artikel ini tidak langsung bersambung dengan artikel sebelumnya yaitu artikel tentang ‘Mengatur Parameter dan Metadata’ tapi rasanya tidak ada salahnya kalau saya memenuhi janji yang akan menjelaskan Metadata pada Joomla lebih jauh lagi. Betul ga? Blushing

Metadata dalam hal ini metadata Joomla adalah informasi tentang data yang terdapat pada situs Joomla baik mengenai deskripsi umum situs, keyword-keyword yang digunakan atau informasi mengenai indexing spider mesin pencari terhadap halaman situs berikut link-link yang ada di dalamnya. Metadata ini mempunyai peranan yang sangat penting, karena melalui metadata ini search engine seperti google, yahoo dan lainnya dapat dengan mudah mengenali situs joomla kita.

Pengaturan metadata pada joomla dapat diatur pada bagian Global Configuration pada bagian tab site yaitu pada Metadata Setting seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Metadata ini ditampilkan pada halaman utama (homepage) dari situs Joomla saja. Untuk melihat metadata yang sudah sobat atur ini bisa dilakukan dengan melihat page source dari halaman utama tersebut ( gunakan CTRL + U jika browsernya firefox ). Metadata ini terletak pada bagian <head> yang diawali dengan tag <meta…>. Berikut contoh metadata homepage yang terdapat pada salah satu situs Joomla :

pengaturan metadata pada joomla

Klik gambar di atas untuk melihat ukuran besarnya.

Selain metadata homepage pada situs Joomla terdapat pengaturan metadata untuk setiap postingan yang bisa sobat atur pada bagian Metadata Information yang terdapat di halaman editor. Jika sobat lupa bisa baca lagi artikel ini ‘Mengatur Parameter dan Metadata’. Untuk melihat HTML dari metadata postingan ini sobat tinggal melihat page source nya pada halaman artikel yang bersangkutan. Coba lihat contoh metadata artikel di bawah ini :

Metadata pada setiap artikel Klik gambar di atas untuk melihat ukuran besarnya.

Dari Metadata tersebut yang paling penting sobat atur adalah mengenai Meta Tag Robot, Meta Tag Keyword dan Meta Tag Description.

Meta Tag Robot

Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman situs yang mana bisa di-index oleh spider dan halaman situs mana yang tidak. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut: <meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow"> Sebagai contoh, jika sobat ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :
<meta name="robots" content="index, follow"> dengan perintah ini spider akan meng-index main page dan menjadwalkan untuk mengindex halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href=" ">). Namun jika sobat ingin spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman situs tambahkan kode <meta name="robots" content="noindex, nofollow">

Meta Tag Keyword
Keberadaan Meta tag keyword ini  sangatlah penting, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman situs Joomla tersebut pada search engine. Sintak atau format dasar dari meta tag keyword adalah  <meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3 ...dst">
atau ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma :
<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, ...> Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine. Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca.

Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman situs Joomla sobat karena dikhawatirkan dianggap spamming oleh search engine. Misalkan situs Joomla sobat memuat informasi mengenai Joomla, jangan sekali-kali menambahkan "MP3","Britney Spears",”Porn” atau “Sex” sebagai keyword hanya karena keyword-keyword ini merupakan keyword favorit di internet dan banyak dicari orang.

Meta Tag Description
Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman situs Joomla sobat. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 160 karakter. Sintak dasar dari tag ini adalah <meta name="description" content="deskripsi situs Joomla sobat.">

 

Gimana sobat sampai sekarang apakah sudah ada pencerahan mengenai metadata?

Untuk mengakhiri tulisan ini saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan sudi membaca artikel-artikel yang sudah saya tulis. Salam perjuangan.



Bookmark and Share
Category:

Comments

3 responses to "Metadata pada Joomla 1.5"

  1. Angga On 26 April 2012 at 12:31

    nice info... trims.

     
  2. Anonymous On 26 April 2012 at 23:34

    mantep gan infonya :D ty

     
  3. LEK2PN DIKLAT On 9 September 2012 at 14:17

    Terima kasih ats informasinya