Sunday, May 03, 2009 | Posted in

Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas tutorial tentang bagaimana cara membuat website dengan Joomla! secara offline atau dalam localhost dan berjanji akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat website dengan Joomla! secara online atau lebih tepatnya menginstall Joomla! dengan menggunakan Fantastico. Nah sekarang saatnya saya menepati janji tersebut kepada sobat.
Syarat yang harus kita penuhi ketika akan membuat Joomla secara online ini adalah kita harus mempunyai hosting sendiri. Untuk mempunyai hosting sendiri ini bisa kita beli di provider-provider hosting yang banyak terdapat di internet, seperti rumahweb.com, kotakomputer.com, dan yang lainnya.
Namun jika sobat pada saat ini belum mampu untuk membeli hosting maka jangan khawatir sebab masih banyak terdapat web hosting yang menyediakan hosting secara gratis (free hosting) walaupun fasilitasnya agak terbatas, tidak seperti yang berbayar ( ya namanya gratis lah Big Grin ).
Untuk memfokuskan bahasan ini, maka saya akan mengambil salah satu contoh web hosting yang menyediakan hosting gratis (free hosting), yaitu www.phpnet.us. Situs ini selain menyediakan hosting yang berbayar juga memberikan hosting yang gratis. Bagaimanakah caranya supaya kita bisa mendapatkan hosting gratis di situs ini? caranya mudah, sobat hanya membuat akun di situs ini. Biar lebih mudah silahkan ikuti langkah-langkah yang pernah saya lakukan berikut ini:

  1. Silahkan kunjungi situs http://www.phpnet.us/ dengan cara mengklik alamat tersebut.
  2. Klik Sign up for free hosting yang berada di sebelah kanan layar sobat pada bagian Main menu . Lihat gambar di bawah ! 

    sign-up-for-free-hosting
  3. Isilah semua field yang disediakan. Setelah semua terisi Klik tombol yang bertuliskan Register. Lihat gambar !

    form

    lalu Klik tombol Click Me To Continue

    continue

  4. Silahkan isi field nya dengan tulisan yang muncul lalu klik tombol Register untuk melanjutkan.

    image-verifikasi 
    Jika muncul seperti gambar di bawah, silahkan ulangi kembali langkah-langkah di atas

    error
  5. Sobat disuruh untuk verifikasi pendaftaran ini, buka email yang tadi sobat masukkan, jika ada email verifikasi dari php.net.us silahkan klik Link yang ada dalam email tersebut sebagai konfirmasi pengaktivan akun anda.
  6. Pada halaman yang tampil silahkan isi fieldnya dengan tulisan yang terlihat lalu klik Register !
    activate
  7. Selamat sekarang sobat telah mempunyai akun di phpnet.us. Silahkan simpan data akun anda dengan mengklik Download my account settings
    keterangan-akun
  8. Selesailah pembuatan akun di phpnet.us. Sekarang sobat telah memiliki hosting sendiri, walaupun yang gratisan sich Happy.
Tibalah waktunya untuk membuat website dengan Joomla dengan menggunakan fasilitas Fantastico yang tersedia di hosting kita pada phpnet.us.
Untuk memudahkan sobat silahkan ikuti kembali cara-cara yang saya lakukan sebagai berikut:
  1. Ketikan di bar address alamat ini http://cpanel.phpnet.us/ atau langsung klik alamat tersebut.
  2. Isilah User name dan Passwordnya pada form yang tampil di layar lalu klik tombol Login. Kalau anda lupa User name dan passwordnya bisa lihat di file yang anda download tadi atau lihat di email yang dikirim oleh phpnet.us.
    login-to-vistapanel
  3. Pada halaman Cpanel. Silahkan cari Menu Software/Service lalu pilih Fantastico type installer. Kalau anda pusing mencarinya lihat gambar di bawah

    fantastico
  4. Dalam penginstallan sofware melalui fantastico ini, anda harus melewati 4 langkah, untuk langkah pertama silahkan klik tombol proceed untuk memilih script yang akan kita install.

    proses
  5. Terlihat script-script yang bisa sobat install seperti Nucleus, Wordpress, webcalendar, Drupal, Joomla, PhpNuke dan yang lainnya. Dikarenakan sekarang kita akan menginstall Joomla maka silahkan pilih Joomla mau versi 1.0.x atau versi 1.5. Pada kesempatan ini saya mencoba memilih Joomla versi 1.5 caranya dengan mengklik tombol Install Now
    install-joomla 
  6. Silahkan isi fieldnya untuk path alamat situs Joomla sobat. Untuk melanjutkan Klik tombol Complete Install.
    buat-path
  7. Selamat anda telah berhasil membuat website dengan Joomla dengan alamat situs dan alamat adminnya telah dicantumkan pada langkah terakhir ini. Untuk lebih jelas lihat gambar
    congratulation 
  8. Untuk melihat situs Joomla sobat silahkan Klik Link pada tulisan Script Installation URL. Contoh alamat Joomla saya hasil install ini adalah http://panduanjoomla.phpnet.us/Joomla
  9. Selesai
Catatan: Situs Joomla ini masih mentah, silahkan modif sendiri. Untuk alamat URL nya secara default memiliki path sesuai nama yang anda masukkan ketika proses penginstallan. Namun jika sobat ingin alamat URL ini langsung tanpa ada path misalnya URL Joomla saya hanya menjadi http://panduanjoomla.phpnet.us, maka harus ada pengaturan kembali. Untuk pengaturan ini saya akan bahas pada postingan selanjutnya. Oleh karena itu sering-seringlah berkunjung ke rumah ku ini Big Grin.

Selamat mencoba dan salam sukses.



Bookmark and Share
Category:

Comments

13 responses to "Membuat website dengan Joomla (Bag. 2)"

  1. Ches On 3 May 2009 at 22:01

    Wah lieur yeuh..tp asik oge..keur belajar Joomla..
    All the time, I just know blogger and wordpress, Joomla is my next challenge to learn blogging tools, thx for info, and I'll be waiting for your next posts and tutorials.

     
  2. Unknown On 25 May 2009 at 18:02

    mohon bantuan om,
    setelah memasukkan captcha yang kedua, muncul pesan kaya gini nih...
    "Sorry this account can not be activated, please sign up for a new account and try again."

    maksudnya apaan om??
    makasih...

     
  3. kang_abeh On 26 May 2009 at 13:08

    @web : akun yang tadi anda masukan tidak bisa diaktivkan, coba daftar baru lagi. Jika sobat buat akun baru lagi jangan lupa untuk verifikasi emailnya.

     
  4. Amiruddin On 6 June 2009 at 14:59

    tolong solusinya.
    http://udmserve.net/udm/img.fetch?sid=862;tid=1;ev=1;dt=1;

    Database Error: Unable to connect to the database:Could not connect to MySQL

     
  5. AnJeLaNeT Palangkaraya On 18 June 2009 at 14:02

    ternyata lagi nge-joomla..he he..

     
  6. rezza On 18 June 2009 at 14:55

    wah,ga mudeng aku,tapi pasti bermanfaat dah

     
  7. Awang Satrijana On 12 July 2009 at 02:45

    Aku Awang aku udah punya host dan domain gratisan, tapi aku belum tahu tata cara memulai menulis kalimat, tek di halaman web yang berbasis joomla, oleh karena itu mohon di beri penjelasannya, bagaimana membuat halaman baru, atau menulis artikel di joomla, serta tak lupa bagaimana, menyisipkan image, dan gambar...sekian saja.

     
  8. kang abeh On 13 July 2009 at 15:31

    @Awang: Untuk membuat sebuah artikel atau membuat halaman di joomla, sobat tinggal mengklik Add new article yang ada di Control Panel, maka akan muncul halaman editor sebagai tempat untuk membuat artikel sobat. Untuk memasukan image, pada bagian bawah halaman editor terdapat tombol dengan tulisan image, silahkan masukan gambar yang sudah ada atau browsing di komputer sobat. Kemudian Klik tombol insert. Jika penjelasan ini kurang jelas, lain waktu saya akan bahas.

     
  9. Anonymous On 14 July 2009 at 20:44

    thanks ya info'a berguna banget eyyy
    tapi kalo dah buat biar langsung di posting ke internet ga bisa ya?

     
  10. Life Insurance On 14 July 2009 at 20:51

    Wew keren Kang Tutorialnya

     
  11. Ponsel Murah On 3 August 2009 at 14:50

    aduh susah sekali untuk mengaktivkan account dari email. beberapa kali saya coba pakai user yang berbeda dn email yang berbeda tetap tidak bisa..bagaimana untuk mengatasinya, bisa dibantu..??

     
  12. lpk-math computer On 2 September 2009 at 23:40

    Terimakasih banyak sibat baruku......
    Hari ini pengetahuanku bertambang dengan bantuanmu
    Alhamdulillah........

     
  13. Rohmatullloh On 3 September 2009 at 00:47

    Langkah setelah complete instal CMS Joomla 1.5 selanjutnya apa lagi saya agak bingung, trus bagaimana cara design websitenya, posting, dllnya....
    Saya ikuti potingan ini sampai selesai