Saturday, August 29, 2009 | Posted in

Perlu sobat ketahui content (isi) dalam Joomla dibagi menjadi tiga; section (bagian), category  (kategori)  dan  content item/article  (artikel).  Section merupakan  hirarki  yang  paling  atas. Section dapat terdiri dari beberapa category dan category dapat terdiri dari beberapa article. Jika saya ilustrasikan, Section ibarat sebuah Container/brangkas yang di dalamnya terdapat map-map file sebagai ilustrasi dari Category dan di dalam map-map file ini terdapat file-file sebagai ilustrasi dari artikel. Agar lebih jelas sobat bisa lihat gambar hirarki Section, Category dan Article:

 Section, Category, dan Article pada Joomla

Tujuan dari pembuatan section dan category ini adalah untuk memudahkan pengolaan konten (artikel) situs.

Baik sekarang saya akan coba memberikan contoh pembuatan Section, Categori dan Article. Misalkan kita akan membuat sebuah situs toko buku online yang berisi tentang daftar buku-buku yang akan dijual. Akan kita buat tiga section dengan tiga category. Tiga section yang dimaksud adalah section ‘Buku Terlaris’, section ‘Buku Baru’ dan section ‘Buku Bekas’. Sedangkan tiga category  yang dimaksud adalah Category ‘Buku komputer’, ‘Buku Teknologi Handphone’ dan ‘Buku Umum’. Untuk satu section mempunyai tiga category tersebut. Jadi Jumlah category nya adalah sembilan category.

Sebelum melangkah jauh pastikan dulu sobat sudah ada di halaman administrator (back end). Jika sudah berada di halaman back end, pada Control Panel klik ‘Section Manager’

section-manager Gambar Control Panel

Untuk membuat section baru klik tombol ‘New’ yang terdapat di kanan atas.

new-section-manager

Masukkan judul dan deskripsi singkat tentang section anda dan setelah itu klik tombol ‘Save’. Lihat gambar di bawah:

image  Gambar Layar New Section

Untuk membuat section ‘Buku Baru’ dan section ‘Buku Bekas’ lakukan langkah yang sama seperti pada pembuatan section ‘Buku Terlaris’. Sehingga nantinya akan muncul tiga section seperti terlihat pada gambar di bawah

image

Setelah selesai membuat section langkah selanjutnya adalah membuat category untuk pengelompokan artikel yang lebih spesifik lagi. Cara membuat category mirip dengan cara membuat section. Kembali ke Control Panel atau sorot menu Content pada menu bar lalu klik ‘Category Manager’. Lihat Gambar!

category-manager

 

Sebelum  memilih  ‘New’  untuk  membuat  category  baru jangan lupa untuk memilih di section mana category tersebut akan dibuat. Misalnya kita akan membuat category buku komputer untuk section ‘Buku Terlaris’, maka pada bagian ‘select section’ pilih section ‘Buku Terlaris’. Lihat gambar !

create_new_category

Jika section nya telah dipilih, klik ‘new’ yang terletak di atas kanan. Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk kali ini kita akan membuat tiga category yaitu category ‘Buku Komputer’, category ‘Buku Teknologi Handphone’ dan category ‘Buku Umum’.

Pada layar New Category buat category ‘Buku Komputer’. Untuk langkahnya mirip seperti pada langkah pembuatan section. Lihat gambar di bawah !

image

Jika sudah selesai mengisi semua field jangan lupa untuk mengklik ‘Save’ yang ada di atas sebelah kanan. Untuk pembuatan category ‘Buku Teknologi HP’ dan "’Buku Umum’ langkah-langkahnya sama dengan pembutan category ‘Buku Komputer’. Berikut gambar dari hasil pembuatan tiga category tersebut untuk masing-masing section

result_of_creating_category

Setelah  selesai  dengan  section  dan  category  kini  saatnya  membuat  artikel sebagai content  utama  dari  situs  Toko Buku online. Untuk membuat artikel  klik Content lalu Article Manager  pada menu bar kemudian klik ‘New’ atau pada Control Panel klik ‘Add New Article’ seperti yang telah saya terangkan pada artikel Cara membuat artikel baru di Joomla. Namun pada bagian section dan category silahkan pilih sesuai dengan artikel yang akan dibuat. Jika kita akan membuat artikel tentang buku komputer, maka categorynya pilih category ‘Buku Komputer’.

Sebagai salah satu contoh pembuatan artikel yang mempunyai section dan category dapat sobat lihat pada gambar di bawah

panduan_word

Berikut  ini  adalah  tampilan  halaman muka  (frontpage)  situs  setelah  kita membuat beberapa artikel:

image

Gimana sobat sampai di sini apakah ada sedikit pencerahan tentang apa yang saya tulis sekarang?

Untuk tutorial berikutnya kita akan belajar membuat menu pada joomla. Silahkan tunggu artikelnya Big Grin.



Bookmark and Share
Category:

Comments

2 responses to "Sekilas tentang Section, Category dan Article"

  1. Rizkyzone On 9 September 2009 at 14:24

    aq punya sofware jomla tapi aq bingung cara ngnainnya, tp ini udah ketemu tutoralnya, wah mantab bro tambah ilmu untuk belajar

     
  2. Free Download Movie On 9 September 2009 at 16:09

    Kunjungan sore sodara.....thanks dah mampir ke blog saya