Tuesday, March 03, 2009 | Posted in

Pada postingan ini saya akan mengajak sobat untuk masuk ke kawasan blog. Mungkin ada di antara sobat yang masih belum mengerti apa yang dimaksud dengan blog?

Baik pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit pengertian blog (menurut pandangan saya setelah membaca beberapa referensi) dan juga kategorinya.

Pengertian Blog

Sebelum masuk ke pembahasan “pengertian blog” sebagai tambahan pengetahuan saya akan menulis sedikit sejarah tentang blog dan istilah-istilah yang terdapat dalam dunia blog.

Blog pertama dipopulerkan oleh blogger.com (http://www.blogger.com) yang dimiliki oleh Pyralab sebelum Pyralab akhirnya diakusi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 lalu. Setelah itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan untuk perkembangan para blogger tersebut.

Untuk istilah-sitilah dalam dunia blog, terdapat tiga istilah yang populer yaitu:

  1. Blogosphere yaitu situs-situs yang saling berhubungan atau dengan kata lain kumpulan weblog
  2. Blogstorm yaitu kumpulan gelombang aktifitas, opini dan informasi yang sangat besar. Blogstorm sangat bertolak belakang dengan blogosphere.
  3. Blogger yaitu komunitas atau para pengguna blog (orang-orang yang berkecimpung di dunia blog).

Tibalah saatnya sekarang saya menulis sekilas tentang pengertian blog.

Blog” begitu orang menyebutnya. Sebenarnya kata blog adalah singkatan dari “Web log” yang secara harfiah dapat diartikan buku harian atau catatan harian si pemilik blog yang dtuangkan dalam bentuk blog atau web. Jadi pada awalnya blog adalah situs yang bersifat pribadi sehingga isinya bisa berupa pengalaman si pemilik blog, puisi-puisi, catatan kuliah dan lain sebagainya. Nah, Blog juga termasuk ke dalam aplikasi CMS yang telah saya sebutkan dalam postingan mengenai kategori CMS.

Walaupun pada awalnya blog itu berisi hanya catatan-catatan pribadi pemilik blog, namun pada masa sekarang ini pengertian begitu juga kegunaan blog mengalami perubahan dan perkembangan. Untuk sekarang ini blog bisa diartikan sebuah aplikasi CMS yang memuat postingan secara periodik (bersifat update) pada sebuah web page umum. Saat ini blog bukan hanya sekedar tempat curhatan atau catatan pribadi saja akan tetapi bisa dijadikan sarana untuk mendapatkan penghasilan dengan kata lain dapat dijadikan alat untuk bisnis online sehingga tidak sedikit para blogger yang bisnis onlinenya sukses karena blognya.

Untuk pengertian blog saya rasa dicukupkan sekian, dan saya sarankan kepada sobat-sobat sekalian jangan pernah puas sehingga carilah informasi lain yang lebih lengkap.

Kategori Blog

Untuk kategori blog ini saya belum menemukan standarisasi yang pasti. Bagi sobat yang telah menemukan standarisasi kategori blog ini semoga dapat berbagi pengetahuan. Di bawah ini saya mencantumkan kategori blog berdasarkan isi dari blog tersebut Berikut kategori blog beserta contoh blognya:

Personal Blog

http://info.kangnoval.com/, http://rachmadi.blogspot.com/ (dan masih banyak lagi blog yang bersifat pribadi)

Blog bertopik

http://beasiswaindonesia.blogspot.com, http://kolom-tutorial.blogspot.com

Blog kesehatan

http://www.blogdokter.net, http://mediacare.blogspot.com

Blog sastra

http://nanangsuryadi.blogspot.com

Blog perjalanan

http://www.travelblog.org/Bloggers/GUNAWAN/

Blog riset

http://risetduniaislam.wordpress.com

Blog hukum

http://jurnalhukum.blogspot.com

Blog media

http://blog.tempointeraktif.com

Blog agama

http://blog.muslimblog.net

Blog organisasi

http://www.bl.ac.id, http://fti.bl.ac.id

 

List kategori blog di atas tidak bersifat baku artinya kategori blog tidak hanya terbagi ke dalam kategori-kategori yang sudah saya cantumkan di atas, untuk itu mungkin anda setelah banyak mengunjungi berbagai blog (blog walking) dan melakukan riset bisa saja menambahkan atau mengurangi dari kategori blog di atas.

Alhamdulillah, akhirnya beres juga postingan ini yang cukup membuat jemari tanganku pegel-pegel. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.



Bookmark and Share
Category:

Comments

3 responses to "Pengertian dan Kategori Blog"

  1. DeKaNieRha On 5 April 2009 at 18:50

    maaf,,, kalau boleh tau nama pengarang atau nama pemilik blog ini siapa yaa..........????????????


    karena di sini saya sedang mencari tugas tentang pengertian blog beserta pengarangnya........


    ---------------terima kasih-------------------

     
  2. gondrix On 25 April 2009 at 12:02

    Boz artikelnya saya copy neh, abisnya berbobot isinya.

    Thanks a Lot!!!

     
  3. Rohmatullloh On 3 September 2009 at 01:49

    Salam kenal dari pendatang baru

    Posting dunk cara modifikasi template blogspot dari 2 kolom menjadi 3 kolom (1 main dan 2 sidebar) terima kasih atas pencerahan dari postingan ini........