Monday, July 20, 2009 | Posted in

Bagi sobat yang baru mengenal Joomla mungkin akan mengalami sedikit kendala tentang bagaimana cara membuat artikel baru di Joomla, maka mudah-mudahan artikel yang akan saya tulis dengan judul “cara membuat artikel baru di Joomla 1.5” ini dapat berguna bagi sobat tersebut.

Bagi sobat yang merasa bingung untuk membuat artikel baru di Joomla dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke halaman administrator (back end) dengan Username dan Password sobat.
  2. Klik icon Add New Article pada Contol Panel. Berikut gambar iconnya
     article-add
  3. Halaman yang muncul dinamakan halaman editor, berikut gambarnya

    halaman-editor
  4. Pada bagian Title silahkan isi dengan judul artikel baru sobat. Untuk Alias dikosongkan pun tidak apa-apa. Dikarenakan sobat belum membuat section dan category maka untuk kali ini pada bagian Section dan Category biarkan saja pada pilihan Uncategorised. Pastikan pada bagian Published yang ditandai adalah tombol radio Yes dengan tujuan agar artikel yang akan sobat buat itu dipublish saat itu juga setelah sobat beres menulis artikel dan telah mengklik Icon Apply atau Save yang ada di pojok atas sebelah kanan. Pada bagian Front Page pilihan awal adalah No, namun agar artikel baru sobat ini bisa berada di Front Page (halaman depan), maka ubahlah pilihannya menjadi Yes.
  5. Sekarang silahkan ketik artikel baru sobat di area  yang sudah disediakan (lihat gambar di atas). Jika sobat sudah terbiasa menggunakan microsoft word mungkin area untuk membuat artikel ini tidak akan membuat pusing karena layout nya hampir sama, mulai dari Icon-icon yang disediakan untuk mengatur format tulisan seperti icon B untuk menebalkan tulisan, icon I untuk membuat tulisan menjadi miring, icon U untuk menggarisbawahi tulisan, Icon-icon perataan tulisan (rata kanan, rata tengah, rata kiri, dan rata kanan dan kiri), Icon style paragraph, icon format font (huruf) dan icon-icon lainya yang berguna untuk mengatur artikel.
  6. Jika sobat telah selesai membuat artikel maka untuk mempublishnya silahkan klik Icon Save yang terletak di atas sebelah kanan dan untuk melihat halaman Front End silahkan klik Preview.
  7. Selesai

Untuk melihat contoh hasil penulisan artikel baru ini, bisa sobat lihat website joomla saya di sini.

Untuk bagian Parameter (Article), Parameter (Advanced), dan Metadata Information yang terletak di sebelah kanan halaman akan saya diskusikan pada tulisan-tulisan berikutnya. Oleh karena itu, bagi sobat yang tidak mau ketinggalan informasinya sering-seringlah berkunjung ke rumahku ini Big Grin.

 

Salam perjuangan dan sukses buat kita semua.



Bookmark and Share
Category:

Comments

1 Response to "Cara membuat artikel baru di Joomla 1.5"

  1. jasa seo On 20 May 2010 at 01:04

    bagus walau penyampaian basic tp asik dibacanya...