Monday, March 23, 2009 | Posted in

Sebagaimana yang telah saya sebutkan dalam postingan sebelum ini bahwa Content Management System itu mempunyai jumlah yang sangat banyak. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang salah satu CMS tersebut yaitu tentang Joomla.

Mengapa saya memilih Joomla” selain blogspot dan wordpress yang telah saya bahas sekilas di kesempatan lain?

Berhubungan dengan jumlah CMS yang begitu banyak, mungkin ada di antara sobat yang ingin bertanya dengan pertanyaan di atas. Baik sebelum saya menjawab pertanyaannya, saya akan mengulas sepintas pengertian Joomla.

Kata Joomla berasal dari bahasa swahili dari kata Jumla yang berarti  ‘kebesamaan’  atau “kesatuan”. Pilihan nama ini mencerminkan komitmen para pengembang dan komunitasnya saat membentuk Joomla ketika terjadi perpecahan dari Mambo di bulan Agustus 2005. Joomla merupakan salah satu Content Management System yang dibuat menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Processor).

Sejarah munculnya Joomla adalah karena ada “permasalahan” antara developer (pengembang) Mambo dengan founder (pembuat program) Mambo. Pihak founder berkeinginan untuk membentuk sebuah perusahaan bernama Mambo Foundation, namun para pengembang tidak setuju karena mereka beralasan bahwa jika Mambo sudah ditangani oleh sebuah perusahaan secara otomatis Mambo akan menjadi sebuah software yang komersial. Padalah tujuan awal dibuatnya Mambo adalah free (bebas) untuk semua orang sehingga siapapun boleh menggunakan, menduplikasi, atau bahkan memodifikasi.. Kondisi seperti ini memicu para developer yang memiliki tanggung jawab dan hati nurani kepada user membuat mereka keluar dari kepengurusan Mambo pada Agustus 2005, yang pada akhirnya para developer ini bergabung dan menciptakan sebuah software “tandingan” Mambo dan mengeluarkan rilis pertama Joomla yaitu rilis 1.0.0 pada tanggal 16 September 2005 yang sangat mirip dengan Mambo versi 4.5.2.

Joomla termasuk CMS yang memiliki kemajuan yang sangat pesat dan CMS yang populer pada saat ini apalagi setelah Joomla memenangkan kontes software Content Management System pada tahun 2006.

Kepopularitasan Joomla ini tercipta disebabkan oleh systemnya yang powerfull dan fleksible sehingga sampai sekarang banyak sekali yang menggunakan Joomla untuk pembuatan website. Bukan hanya website pribadi saja yang bisa dibuat oleh Joomla akan tetapi website perserikatan dan komersial pun dapat dibuat. Untuk lebih jelasnya penggunaan Joomla dapat diaplikasikan untuk website-website di bawah ini:

  • Website coorporate atau portal
  • Website e-commerce
  • Website untuk perusahaan kecil
  • Website untuk organisasi Non-profit
  • Website untuk pemerintah
  • Website untuk keperluan internet
  • Website untuk sekolah dan Perguruan Tinggi
  • Website Pribadi atau blog
  • Website untuk komunitas dan portal
  • Website untuk majalah, koran, dan tabloid
  • dan lain-lain (kemungkinan tidak ada batasnya)

Baiklah sobat untuk pengenalan tentang Joomla saya rasa sudah cukup tapi kalau ingin lebih jelas dan detail dapat sobat lihat langsung informasinya di www.joomla.org sebagai situs Joomla utama.

Menyusul perkataan saya di atas yang akan menjawab pertanyaan “Mengapa saya memilih Joomla” , sekaranglah waktunya saya akan menjawab pertanyaan tersebut.

Selain blogspot dan Wordpress, saya sangat suka dengan Joomla dikarenakan beberapa alasan yaitu:

1. Joomla mempunyai keunggulan diantaranya :

  • Mudah melakukan setup/instalasi.
  • Memiliki interface administrator yang sederhana untuk mengatur isi situs (website).
  • Mudah digunakan untuk mengedit (menambah, mengubah, dan menghapus) isi situs dan gambar.
  • Fleksibel untuk mengatur tampilan front end.
  • Fleksibel untuk menambah komponen dan modul yang baru dari pihak ketiga (seperti: forum, kalendar, reminder, agenda, guestbook (buku tamu), shopping cart, dan sebagainya)
  • Dapat melakukan update halaman utama, halaman berita, halaman artikel, maupun halaman arsip secara cepat.
  • Dapat melihat file Microsoft Word, Excel, dan PDF.
  • Dapat menambahkan menu baru pada main menu, other menu, maupun top menu dengan mudah.
  • Dapat mengatur weblink dengan cepat dan mudah.
  • Dapat mengatur banner (iklan).
  • Dapat mengatur FAQ (Frequently Asked Questions).
  • Dapat mengatur Newsflashes
  • Dapat membuat arsip dan menampilkannya kembali
  • Dapat mencetak, mengirim artikel lewat email, dan membaca artikel dengan format PDF.
  • Dapat mengatur user dengan tingkat akses level yang berbeda.
  • Template dapat dirubah-rubah sekehendak hati dan dapat membuat template sendiri.
  • Banyak pihak pengembang yang terus menambahkan konten-konten Joomla.
  • Sering update baik dari sisi CMS maupun dari plug-in dan jumlah plug-in juga banyak.
  • Dapat dijalankan di komputer lokal.
  • Telah mendapat kepercayaan dunia dan beberapa kali menerima penghargaan menjadi CMS open source terbaik dunia.

2. Mempunyai Lisensi GPL (General Public License) artinya lisensinya bebas untuk umum.

3. Sifatnya Open Source artinya kita bisa mengolah atau memodifikasi kode-kode program kembali sesuai keinginan kita agar lebih user friendly tanpa kita harus membayar terlebih dahulu kepada pembuat software tersebut dalam hal ini programmer Joomla.

4. Joomla bersifat Powerfull artinya bisa digunakan untuk membuat website jenis apapun seperti yang sudah saya sebutkan di atas. 

 

Dengan alasan-alasan di atas maka saya memilih Joomla sebagai salah satu topik bahasan dalam blog saya ini dan semoga apa yang saya tulis nanti menjadi suatu ilmu yang bermanfaat.



Bookmark and Share
Category:

Comments

5 responses to "Content Management System - Joomla"

  1. Anonymous On 7 April 2009 at 16:03

    Aku sangat senang dengan adanya program Joomla..tapi aku terkendala instalasi, dan komponennenya, aku sebelumnya coba install XAMP, harus di extract dulu..wah ini bagaimana, katanya Joomla itu mudah instalsinya...tidak kayak wordpress...tolong beri penjelasannya terkait ini..ok.

     
  2. Awang Satrijana On 7 April 2009 at 16:05

    Bagaimana cara-cara instalasinya...aku ndak bisa..kayaknya sulit ini..menurut aku, aku kan newbie soal ini..tolong beri penjelasannya....ok

     
  3. Kang Abeh On 7 April 2009 at 17:29

    @anonim : Untuk tutorial penginstallan joomla, silahkan sobat tunggu tulisan saya selanjutnya. Maksud dari extract adalah membongkar file dari kompresannya. Silahkan sobat gunakan sofware winzip, winrar atau software kompres lainnya untuk membongkar file kompresan sobat.

     
  4. hanum On 26 November 2009 at 15:36

    Sekarang sudah ada versi update Joomla 1.5.15. Silahkan didowonload :)

     
  5. Anonymous On 3 December 2012 at 07:41

    Βeсause the admіn οf this wеbsite іs wоrking, no questіοn very soon іt ωill be well-κnоwn,
    due to its qualіty contents.
    Feel free to visit my homepage : bodylastics Review