Thursday, February 19, 2009 | Posted in

Bagi saya sebagai pemula, ketika mendengar istilah Content Management System yang disingkat dengan CMS ini terasa asing sehingga tidak tahu apa pengertian dari CMS itu apalagi maksud dari istilah tersebut. Namun setelah banyak mendengar dan membaca informasi, sedikit ada pencerahan terhadap istilah Content Management System ini.
Bagi sobat yang sama-sama pemula seperti saya ini mungkin sama keadaannya ketika mendengar istilah CMS maka merasa bingung apa maksud CMS itu. Salah satu pengertian CMS ini dapat sobat baca di http://en.wikipedia.org/wiki/Content_management_system
Pada postingan ini saya akan mencoba berbagi pemahaman sekilas tentang pengertian Content Management System menurut versi saya (mudah-mudahan tidak terlalu jauh dari defininisi yang sebenarnya Big Grin)

Kata “Content Management System” ditulis dalam bahasa inggris dan kalau ditranslate  ke dalam bahasa Indonesia secara perkata menjadi “Sistem pengaturan isi”. Dari pentranslate ini mungkin sedikit ada pencerahan terhadap pemahaman pengertian CMS namun belum jelas karena masih bersifat umum.
Baik sekarang tibalah waktunya pengertian Content Management System menurut vesri saya. Content Management System adalah sebuah sistem aplikasi komputer atau software yang digunakan untuk membuat, mengedit, mengatur, mempublish bahkan menghapus isi (content) suatu website atau blog dengan baik, mudah dan cepat.
Dengan CMS, kita bukan hanya bisa mengelola isi website atau blog saja tapi termasuk bisa mengatur tampilan desain (template) website dengan mudah. Sehingga bagi sobat yang tidak mengerti bahasa pemograman jangan khawatir sebab dengan sedikit panduan tutorial orang lain dan latihan yang sering sobat akan bisa memahaminya.
Dengan adanya kenyataan di atas sehingga timbul pertanyaan seberapa pentingkah kebutuhan kita dalam menggunakan Content Management System?
Untuk menjawab pertanyaan di atas tunggu postingan saya selanjutnya!



Bookmark and Share
Category:

Comments

1 Response to "content management system (cms)"

  1. tridi On 5 June 2012 at 13:17

    terimakasih atas infonya, smoga bermanfaat bagi yg lain... :D