Friday, September 18, 2009

Mengatur menu ‘Main Menu’ pada Joomla 1.5

Jika sobat telah menginstal Joomla baik menyertakan sample data maupun tidak, maka secara otomatis menu ‘Main Menu’ telah dibuat. Main menu ini merupakan menu yang dipergunakan sebagai tempat untuk item-item menu utama seperti item ‘Home’ dan yang lainnya. Secara default menu ‘main menu’ ini terletak di sebelah kiri halaman, namun sebenarnya letak berikut nama dari menu ini dapat sobat ubah bahkan item menu di dalamnya dapat sobat tambah ataupun dikurangi. Berikut cara pengaturan menu ‘Main Menu’ pada Joomla 1.5:

Pastikan sobat telah berada di halaman administrator (back end). Pada menu bar sorot dengan pointer mouse menu ‘Extensions’ lalu klik ‘Module Manager’. Lihat gambar di bawah

Module-Manager

pada halaman Module Manager, klik tulisan ‘Main Menu’ dengan tujuan untuk mengatur atau mengedit menu tersebut.

module_manager

Di halaman edit module muncul beberapa item yang harus sobat atur. Berikut penjelasan item-item ini:

edit-module

Title: Silahkan ganti judul menu ini sesuai yang sobat inginkan, misalnya yang tadinya Main Menu diubah menjadi Menu Utama atau nama lainnya.

Show Title: Pilihan defaultnya adalah Yes. Jika yang dipilih No maka judul main menu ini tidak akan tampil.

Enabled: Jika sobat mengingankan main menu muncul maka biarkan pada pilihan Yes, namun jika tidak ingin muncul maka pilih No.

Position: Secara default letak Main Menu ini berada di sebelah kiri (left). Namun sobat bisa mengubah letak dari main menu ini misalnya jadi di sebelah kanan. Lihat contoh gambar pengaturan position pada pilihan right (kanan)

image

Order: Bagian order ini merupakan pengaturan urutan main menu dari menu lainnya. Dikarenakan menunya baru ada ‘Main Menu’ maka urutan main menu ini berada pada urutan 0 (di atas).

Access Level: Bagian ini mengatur tingkatan akses main menu apakah diperuntukkan untuk public (semua pengunjung), Registered atau Special. Jika sobat pilih registered atau special maka pengunjung situs diharuskan Login terlebih dahulu jika ingin mengakses main menu.

pada item ‘Menus’ di bagian Menu Assignment biarkan pada pilihan ‘All’ jika main menu ini ingin ditampilkan pada semua item yang terdapat pada main menu. Namun jika main menu ini ingin tampil pada sebagian item menu maka pilih ‘Select Menu Item (s) from the List’ lalu pada bagian Menu Selection-nya tandai pada item mana saja Main menu ini akan ditampilkan.

Untuk bagian parameternya kali ini tidak akan saya bahas, silahkan sobat coba-coba aja sendiri. Dan untuk mengakhiri pengaturan ini, klik icon Save yang terletak di atas sebelah kanan.

Jika diantara sobat ada yang lebih mengetahui tentang pengaturan Main menu ini, silahkan sharing di sini.

4 comments:

  1. Tipsnya ok nih sobat.. jadi tertaarik dg jommla nih

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing the important post, In the world of Internet and web development, Joomla has become a well-known name now. This open source system builds and maintains websites within a few minutes.

    ------------------------
    Hire Joomla Experts

    ReplyDelete
  3. siiip.............

    ReplyDelete

Jika sobat telah membaca dan suka dengan artikel ini, silahkan berikan komentar. Komentar yang bernada Spam, akan saya hapus. Terima kasih atas perhatiannya.

Note: only a member of this blog may post a comment.